Tentara Hati Para Pejuang Ning Lia Dalam Kaidah Agama

Oleh : Abdullah Amas (Inisiator Persiapan Komunitas Gerakan LIA Indonesia/Lingkar Aspirasi Indonesia)

Apa yang membuat orang tergerak hatinya oleh Allah untuk bersatu. Tentu mahfum para Ulama menyebut Qolbu atau hati itu seperti tentara. Maka akan berbaris kepada sesama yang memiliki getaran yang sama.

Rasa nyambung itu lah yang membuat orang banyak rela keluar waktu dan materi untuk membuat komunitas di hobby dan minat yang sama. Seperti komunitas bersepeda, komunitas pecinta Volly dan lainnya.

Kaidah ini diambil dari hadits Nabi shallallahu `alaihi wasallam, riwayat Imam Muslim, dari Abu Hurairah. Dan diriwayatkan pula oleh Imam Bukhari secara muallaq dari Aisyah. β€œRoh-roh itu bagaikan tentara-tentara yang satu. Jika mereka saling kenal, maka mereka akan menyatu dan kapan mereka tidak saling kenal, maka mereka akan berselisih.

Imam Malik bin Anas radhiallahu `anhu berkata bahwa manusia itu mirip dengan burung. Burung akan bersatu dengan sejenis dengannya. Merpati akan gabung dengan merpati. Gagak dengan gagak, itik dengan itik. Itik akan gabung dengan itik.

Kecocokan hati dan batin, kecocokan kesamaan kecepatan gerak dan lain sebagainya. Inilah sendi-sendi penguatnya, mungkin ada yang senang karena kesamaan Hobby dengan Ning Lia dibidang pendidikan atau pemberdayaan masyarakat dan sebagainya sehingga hadir dalam perjuangan Ning Lia

Kalau kita tarik ke dalam khazanah kepemimpinan Islam. Sebuah kaum akan dipimpin oleh pemimpin yang sama dengan karakter umum kaum tersebut. Kalau warga Jatim suka dengan karakter kerja nyata, suka pada perjuangan panjang dan lain-lain tentu sangat wajar pemimpin yang dibaiat mewakilinya di DPD – RI adalah Ning Lia

Check Also

Tokoh, Kyai, Alumni HMI, Artis Dan Politisi Satu Persatu Percaya Dan Temui Muhammad Qasim Yang Sedang Berada Di Jakarta

Kehadiran Qasim di Jakarta mendapat dukungan dan berita baik satu persatu. Selain permintaan maaf dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *