Anak Tommy Soeharto Bakal Buat Lapangan Golf 1,2 Triliun

Anak Tommy Soeharto, Darma Mangkuluhur Hutomo, menjadi buah bibir usai mengumumkan bakal membuat lapangan golf senilai Rp1,2 triliun.
Proyek tersebut digarap via PT Intra GolfLink Resorts alias IGR. Pria kelahiran 8 Agustus 1998 itu adalah komisaris di perusahaan tersebut.

“Kami berkomitmen untuk menjaga dan menumbuhkan ekosistem lifestyle di olahraga golf ini agar bisnis IGR bisa sustain. Kami berani investasi dengan nilai yang besar demi meningkatkan kinerja di masa mendatang,” kata Darma dalam keterangan resmi, Selasa (6/2).

IGR sekarang punya tiga lapangan golf yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada Palm Hills Golf Club Bogor, New Kuta Golf Bali, dan Black Rocks Golf Belitung.

Lapangan baru yang dibangun Darma Cs di Sentul, Bogor, Jawa Barat akan menggantikan Palm Hills Golf yang sudah beroperasi sejak 1993. IGR mengusung konsep ‘Golf and Active Lifestyle Ecosystem’ di atas lahan seluas 70 hektare, yang juga akan dilengkapi 13 cluster residensial hingga 2027 mendatang.

Jebolan EU Business School, Barcelona itu punya julukan ‘Pangeran Cendana’. Pria yang punya hobi balap ini merupakan putra sulung dari pasangan Tommy Soeharto dan Tata Cahyani.

Meski baru berusia 25 tahun, Darma sudah punya jaringan bisnis di mana-mana. Ada warisan dari gurita bisnis Presiden Soeharto hingga kelolaan pribadi.

IGR kelolaan Darma berdiri pada 2005 dan bergerak di industri hospitality dalam bentuk pemilikan serta pengelolaan lapangan golf. Sejak 2022, Darma Cs mencoba ekspansi dan bertransformasi demi menguasai kancah nasional.

Perusahaan ini punya empat anak usaha. Ada PT Sentul Golf Utama yang mengelola Palm Hills Golf Club Bogor, PT New Kuta Golf And Ocean View yang mengurus New Kuta Golf Ball, PT Belitung Golf And Resorts yang mengelola Black Rocks Hotel & Golf Belitung, serta PT New Kuta Condotel yang bergerak di bidang properti dan pariwisata.

Selain di IGR, Darma didapuk sebagai komisaris PT Wisma Purnayudha Putra, yang merupakan kelolaan sang ayah. Perusahaan ini bergerak di bidang properti eksklusif dan premium di Jakarta, seperti Mangkuluhur City Office Tower.

Putra Tommy Soeharto itu juga menjabat sebagai presiden PT Humpuss Land, yang merupakan anak usaha Humpuss Group. Perusahaan yang juga milik sang ayah itu bergerak di bidang properti, konstruksi, dan real estate.

Tak cuma mengekor bisnis sang ayah, Darma punya usaha pribadi, yaitu Lounge In The Sky Jakarta. Ini merupakan restoran fine dining pertama di Indonesia yang memberikan pengalaman makan dengan menikmati suasana Jakarta di atas ketinggian 50 meter.

Darma juga punya bisnis pribadi lain di bidang kuliner dengan nama BOCA RICA Tapas Bar & Lounge. Restoran bergaya Spanyol ini beroperasi di Jakarta.

Check Also

KAUP Berqurban, ATUM Institute Ungkap Makna 3 Sila Dari Pancasila Atas Hakikat Berkurban

KAUP yang merupakan wadah Alumni Universitas Pancasila menyelenggarakan Acara Berkurban   KAUP seperti diketahui dipimpin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *