Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Ke Rumah Presiden RI Ke 2 Soeharto

Jakarta – Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) melakukan napak tilas hingga kunjungan ke kediaman Presiden Indonesia ke-2 Soeharto di Jalan Cendana No.8, Menteng, Jakarta Pusat.

“Hari ini kami mengajak para guru sejarah dari seluruh Indonesia untuk berkunjung ke kediaman Jenderal Soeharto. Tujuannya agar para guru sejarah memiliki pemahaman tentang bagaimana sejarah pemimpin kita di masa lalu, dengan segala kelebihan dan kekurangannya,” tutur Ketua AGSI, Sumardiansyah Perdana Kusuma di kediaman Soeharto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023).

 

Selain melakukan kunjungan ke rumah Soeharto, para guru yang hadir mengikuti rangkaian acara lainnya yakni napak tilas dan renungan untuk Soeharto, seminar di Universitas Trilogi, dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

 

 

“Kemudian bagaimana agar guru sejarah bisa menghayati dan meneladani nilai-nilai luhur apa yang sudah ditinggalkan Pak Soeharto. Dan kelanjutannya adalah kita berharap pengetahuan yang diperoleh, pengalaman, penghayatan itu bisa ditularkan melalui pembelajaran sejarah di kelas,” kata Sumardi.

 

Selain itu, Sumardiansyah mengatakan tujuan penting adanya perjalanan sejarah tersebut adalah untuk mendorong lahirnya aliansi sejarah yang peduli terhadap sejarah.

 

“Tujuannya adalah kami bisa satu paham dalam rangka memajukan sejarah. Kemarin kami sempat mengusulkan sebuah ide melahirkan aliansi sejarah yang merupakan persekutuan di mana di dalamnya terbagi menjadi beberapa kelompok unsur yang peduli terhadap sejarah,” jelasnya.

Check Also

KAUP Berqurban, ATUM Institute Ungkap Makna 3 Sila Dari Pancasila Atas Hakikat Berkurban

KAUP yang merupakan wadah Alumni Universitas Pancasila menyelenggarakan Acara Berkurban   KAUP seperti diketahui dipimpin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *