ATUM INSTITUTE MEDIA : Ke Kyai Langitan, Prof. Yusril Seperti Bung Tomo Terima Mandat Kyai Nahdliyin

ATUM INSTITUTE MEDIA : Prof. Yusril Seperti Bung Tomo Terima Mandat Kyai Nahdliyin

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, mengadakan pertemuan khusus dengan KH Ubaidillah Faqih, Pimpinan Pondok Pesantren Langitan di Babat, Jawa Timur.

Bukan tanpa alasan, kedatangan Yusril yang didampingi Sekjen PBB Afriansyah Noor dan Ketua DPW PBB Jawa Timur Muhammad Masduki itu, terkesan tertutup. Kiyai Ubaidillah hanya ditemani putranya, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Langitan Gus Alawi

K.H Abdullah Faqih dikenal suka memuji Prof. Yusril yang dinilai anak Masyumi tapi rela memberi kursi Presiden untuk Gus Dur.

Direktur Eksekutif ATUM Institute Abdullah Amas menyebut Di Jatim, Federasi Pekerja Kependidikan Seluruh Indonesia DPD Jatim sudah memberikan dukungan ke Prof. Yusril untuk maju Cawapres.

Selain itu ATUM Institute menilai kunjungan Prof. Yusril ke keluarga sesepuh PKNU selain faktor kedekatan K.H Abdullah Faqih juga PKNU yang didirikan sang Kyai juga pernah berkoalisi dengan PBB dalam Aliansi Hijau.

“Potret sejarah PBB dan NU termasuk para Kyai senior sangat dashyat kedekatannya, cinta M.Natsir inspirator PBB dan K.H Hasyim Asyari membuahkan resolusi Jihad santri di Surabaya, kini saatnya di Jatim, PBB Bangkit dan safari Prof. Yusril menandakan Jatim bakal mendapat penanganan lebih serius, yang kedua, Prof. Yusril yang dulu dideklarasikan di Surabaya sebagai Gus YIM merasakan betul bahwa Jatim adalah lumbung utama menangi Pilpres dimana Prof. Yusril ingin maju sebagai Cawapres”ujar Amas

Terakhir, PBB ingin menjadi Partainya Santri Nahdliyin dengan betul-betul merasakan denyut spiritualitas kebangkitan Ulama dalam membangun negeri ditandai dengan kunjungan Prof. Yusril ke Kyai dan dzuriyat Nahdlatul Ulama.

“Prof. Yusril sendiri sejatinya adalah Kyai dan pernah dideklarasikan di surabaya jelang 2014 sebagai Gus YIM, 2019 juga muteri basis NU seperti Sidogiri dan Madura, hari ini ke Kyai Langitan, jadi Prof. Yusril ingin Kebangkitan Ulama dan Santri di Jatim dengan spirit sebagai Bung Tomo yang memegang mandat penyelamatan NKRI oleh para Santri dan Kyai, PBB sebagai Partai yang selalu mengakbarkan Allah dan selalu takzim pada Kyai termasuk Gus Dur insya Allah suaranya akan meledak ke papan atas di Jawa Timur”ujar Abdullah Amas

Dibawah ini tulisan Prof. Yusril saat menemui Kyai Langitan :

Menjadi sebuah momen mengesankan untuk bertemu K.H. Ubaidillah Faqih yang mengasuh Pondok Pesantren Langitan di Babat, Lamongan, Jawa Timur, pada Ahad (10 September 2023) malam kemarin.

Usai makan malam bersama, kami juga sempat berjalan-jalan untuk berkeliling kompleks pondok pesantren yang sudah berdiri sejak tahun 1850-an ini.

Ada satu momen nostalgik dalam pembicaraan kami, yakni kenangan akan sosok Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid yang kita semua kenal dengan nama Gus Dur. Almarhum memang sudah menjalin silaturrahim yang baik dengan ulama sepuh pondok ini, K.H. Abdullah Faqih, saat masih hidup.

Kami juga saling bertukar cerita bagaimana akhirnya Gus Dur yang merupakan seorang kiai NU bisa menjadi presiden di negeri ini.

Pondok Pesantren Langitan bisa dibilang telah menjadi sehelai benang penting dalam jahitan bangsa dan negara ini. Semoga dakwah Kiai Ubaidillah dan pondok pesantren ini bisa tersambung terus hingga masa-masa mendatang. Amin ya Rabbalalamin.

Check Also

Keunggulan Konsolidasi Serta Penguatan Oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dalam Menghadapi Pilkada

Oleh : Abdullah Amas (Direktur Eksekutif ATUM Institute) Prof. Dasco merupakan Ketua Harian Partai yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *