ATUM INSTITUTE MEDIA : Ratusan Pemimpin Adat Sumbar Dukung Prabowo Dan PBB

Sekitar ratusan Ninik- Mamak dan pemangku adat dari 18 kabupaten dan kota se-Sumatera Barat gelar konsolidasi untuk memenangkan Partai Bulan Bintang (PBB) dan Prabowo Subianto pada Pileg dan Pilpres 2024.

Sekjen PBB Afriansyah Noor yang juga bergelar Datuak Rajo Basa berasal dari Pagaruyung Batusangkar menegaskan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto adalah presiden pilihan para Ninik Mamak di Sumatera Barat karena memiliki ciri-ciri seorang pemimpin, yaitu amanah dan tepat janji.

Afriansyah bercerita, awalnya ia khawatir Prabowo tidak dapat hadir pada acara Konsolidasi Zona III PBB yang digelar di Hotel Pangeran Beach, Padang, Sumatera Barat pada Sabtu, 9 September 2023.

“Tadinya saya sedikit agak ketakutan, takutnya Pak Prabowo tidak tiba di sini. Tapi, yang namanya pemimpin itu harus tepat janji,” ungkap Afriansyah Noor.

“Siapa dia? Pemimpin itu harus amanah. Nah ciri-ciri pemimpin amanah dan tepat janji itu ada di calon presiden kita, Bapak Prabowo Subianto,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Tenaga Kerja RI ini mengungkap bahwa Prabowo mendapatkan dukungan dari Ninik Mamak se-Sumatera Barat dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.
“Saya dan Pak Yusril sudah menemani beliau (Prabowo) untuk bertemu dengan Ninik Mamak di ruangan khusus, dan Ahamdulillah Ninik Mamak se-Sumbar siap memenangkan PBB dan Pak Prabowo di Pileg dan Pilpres 2024,” tegas Afriansyah Noor.

“Semua Ninik Mamak berharap Pak Prabowo menang jadi presiden, mereka juga mengusulkan Prof Yusril yang bergelar datuak maharajo palinduang jadi cawapres Prabowo. Soal cawapres, Pak Prabowo akan kumpulkan semua parpol pengusung untuk musyawarah mufakat,” tambahnya.

Ninik Mamak atau yang lebih dikenal dengan nama penghulu sendiri adalah pemimpin adat (fungsional adat) di Minangkabau kepemimpinan Ninik Mamak, merupakan kepemimpinan tradisional, sesuai pola yang telah digariskan adat secara berkesinambungan, dengan arti kata “patah tumbuah hilang baganti” kaum masing-masing, dalam suku dan nagari.

Sementara itu Direktur Eksekutif ATUM Institute Abdullah Amas optimistis Sumbar dalam genggaman dakwah Politik yang paling mencintai adat dan budaya mereka

“Sumatra Barat itu karakter masyarakatnya suka yang pemimpin penjaga nilai-nilai budaya dan selama ini Prabowo, Prof Yusril dan Afriansyah amat rajin memberi perhatian pada Sumbar”ujar Amas

Check Also

KAUP Berqurban, ATUM Institute Ungkap Makna 3 Sila Dari Pancasila Atas Hakikat Berkurban

KAUP yang merupakan wadah Alumni Universitas Pancasila menyelenggarakan Acara Berkurban   KAUP seperti diketahui dipimpin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *