Game Over, PPP Terlempar Dari DPR-RI Kata Hitung Cepat Sejumlah Lembaga Survey

Masyarakat Indonesia telah menentukan hak suaranya pada pemilihan umum Rabu, 14 Februari 2024. Dari hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei hanya 8 partai politik (parpol) yang lolos ke DPR RI.

Berdasarkan UU Nomor 7/2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 414 ayat 1 disebutkan bahwa ambang batas parlemen (parliamentary threshold ) paling rendah 4% dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan kursi anggota DPR.

“Partai Politik Peserta Pemilu harus memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4% dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPR,” demikian bunyi Pasal 414 ayat 1.

Saat ini terdapat sembilan parpol yang menghuni kursi Senayan. Mereka adalah PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, Nasdem, PKS, Demokrat, PAN dan PPP.

Berdasarkan hitung cepat tiga lembaga survei, Indikator Politik Indonesia, Lembaga Survei Indonesia, dan Poltracking Indonesia hanya 8 parpol yang lolos ke DPR RI periode 2024-2029.

Satu parpol bakal terpental dari kursi empuk Senayan. Adapun total partai politik yang ikut kontestasi pada Pemilu 2024 mencapai 18 parpol.

Mengacu hasil survei 3 lembaga tersebut, PDIP berada di puncak klasemen perhitungan yang telah mencapai 97% per 15 Februari 2024. Posisi kedua dihuni Golkar dan ketiga Gerindra. Adapun PKB berada di posisi keempat diikuti Nasdem dan PKS.

Kemudian posisi ketujuh ada Demokrat dan PAN. PPP yang berada di posisi ke sembilan terancam tidak lolos ke Senayan. Pasalnya perolehan suara berada di bawah 4%, sekitar 3,62%-3,79%.

Check Also

KAUP Berqurban, ATUM Institute Ungkap Makna 3 Sila Dari Pancasila Atas Hakikat Berkurban

KAUP yang merupakan wadah Alumni Universitas Pancasila menyelenggarakan Acara Berkurban   KAUP seperti diketahui dipimpin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *