Ini Kata ATUM Institute Berkaitan Hasil Riset Yusril Cawapres Prabowo dengan Sentimen Positif Tertinggi

Jakarta – PoliEco Digital Insights Institute (Pedas) mengungkapkan hasil riset Detik-Detik Penentuan Cawapres Prabowo: Nama Cawapres Terkuat Prabowo Subianto. Riset tersebut menempatkan Yusril Ihza Mahendra sebagai kandidat cawapres Prabowo dengan sentimen positif tertinggi (63,7%).
Yusril unggul ketimbang 2 nama lainnya, yaitu Erick Thohir dan Gibran Rakabuming.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur PoliEco Digital Insights Institute (Pedas) Anthony Leong di Menara 9, Jakarta, Kamis (19/10) kemarin.

“Periode riset ini dalam jangka waktu 11 Oktober – 18 Oktober 2023. Yusril mendapat sentimen positif tertinggi dengan 63,7 persen, disusul Erick Thohir 56,2 persen, dan Gibran Rakabuming Raka 52,8 persen,” kata Anthony dalam keterangan tertulis, Jumat (20/10/2023).

Anthony mengatakan jumlah percakapan Gibran Rakabuming Raka 10,2 ribu, kemudian Erick Thohir 9,3 ribu, Yusril 8,9 ribu. Akan tetapi, jumlah percakapan harus dibedakan perihal sentimen lengkapnya. Adapun hasilnya menunjukkan:

1. Yusril Ihza Mahendra, Sentimen Positif: 63,7 % , Sentimen Negatif: 16,8 %, Sentimen Netral: 19,5 %

2. Erick Thohir, Sentimen Positif : 56,2 %, Sentimen Negatif: 32,7% Sentimen Netral: 11,1 %

3. Gibran Rakabuming Raka, Sentimen positif: 52,8%, Sentimen Negatif: 40,7% Sentimen Netral: 6,5%

“Gibran mendapatkan sentimen negatifnya sangat tinggi karena beberapa hal. Setelah kami teliti, sentimen negatif Gibran korelasinya dengan Putusan MK soal batas minimum usia nyapres. Tapi masih dalam perdebatan yang wajar terjadi di dunia maya. Semua peluang masih besar,” jelas Anthony.

Dia menilai sentimen positif untuk Yusril naik signifikan menyusul komentarnya soal Putusan MK terkait batas minimum usia capres-cawapres. Selain itu juga isu Mahfud MD menjadi cawapres Ganjar dan dinilai menjadi jalan tengah Koalisi Indonesia Maju.

“Adanya beberapa top hashtag yang melekat dengan Yusril #cawapres #prabowo. Banyak juga komentar di berbagai medsos yang sepadan melawan Ganjar & Mahfud MD adalah Prabowo – Yusril,” kata Anthony.

Di samping itu, Anthony menyinggung berita Erick Thohir dan Yusril yang telah menyiapkan SKCK dan Suket Pengadilan sebagai syarat cawapres, sehingga meningkatkan sentimen positif dari masyarakat. Sementara Gibran berkaitan belum mengurus SKCK dan tidak ada rencana untuk cawapres.

“Data-data ini menarik, karena mengalami perubahan yang signifikan dengan peristiwa politik beberapa hari ini. Hari ini sudah dibuka pendaftaran capres-cawapres, dua pasangan telah mendaftar, tersisa Koalisi Indonesia Maju yang belum mengumumkan cawapres kemudian mendaftarkan dirinya ke KPU. Tapi dua kandidat yang terkonfirmasi sudah terdaftar dan selesai administrasi menjadi cawapres,” pungkasnya.

Genting

Sementara itu Direktur Eksekutif ATUM Institute Abdullah Amas menyebut situasi genting bagi Prabowo saat ini amat memerlukan sosok yang kuat dibasis Islam dan luar jawa sekaligus memenuhi unsur kecendikiawanan berhadapan dengan pihak lawan.

“Luar Jawa dan Sumatera yang merupakan basis Islam amat memerlukan sosok Prof. Yusril sebagai Cawapres, yang kedua Pilpres kali ini merupakan Pilpres yang perlu meningkatkan partisipasi pemilih maka sosok Prof. Yusril teruji mampu membangkitkan pemilih serta ketiga Prof. Yusril diterima di semua partai, terlebih dia siap mundur dari kursi ketum PBB, di Golkar dia dekat karena sering membantu golkar kala dualisme, di Demokrat dia dan SBY pernah berpartner di 2004, di PAN dia dikenal sebagai aktivis Muhammadiyah, di Gelora kita pantau banyak suara basis Partai Gelora suarakan Prof. Yusril Cawapres, jadi mesin semua Partai Bakal hidup”ujar Amas

Check Also

Keunggulan Konsolidasi Serta Penguatan Oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dalam Menghadapi Pilkada

Oleh : Abdullah Amas (Direktur Eksekutif ATUM Institute) Prof. Dasco merupakan Ketua Harian Partai yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *