Inspirator ATUM Institute/Ketua Harian Gerindra Prof. Sufmi Dasco Sampaikan Kendala Program Lumbung Pangan

Inspirator ATUM Institute/Ketua Harian Gerindra Prof. Sufmi Dasco Sampaikan Kendala Program Lumbung Pangan

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengakui bahwa tanah untuk program lumbung pangan tersebut masih sulit ditanami.

“Yang pertama, food estate yang dikerjakan atau diberikan tanggung jawab oleh Prabowo itu kan baru dalam rangka pembuatan prototype, karena tanah di sana itu adalah tanah yang sulit untuk ditanami, sehingga akan dibuat dulu prototype-nya,” kata Dasco kepada wartawan, Jumat (22/9/2023).

Dasco menyatakan, Prabowo melibatkan anak muda dan swasta dalam mengurus program tersebut, bukan melibatkan perusahaan yang diisi kroni-kroninya.

“Bahwa Pak Prabowo kemudian melibatkan anak muda, melibatkan banyak pihak swasta, dan juga ada yang perguruan tinggi negeri, itu juga dalam rangka mencari formulasi pematangan tanah. Bukan kemudian untuk membuat bisnis dengan kroni,” kata Dasco.

Apalagi, kata Dasco, hingga saat ini tak ada dana dari APBN yang digunakan untuk program lumbung pangan tersebut. Proses pematangan lahan food estate, lanjut Dasco, masih terus dicari.

“Sampai saat ini tidak satu Rupiah pun APBN yang dipakai. Sehingga dalam proses pematangan lahan, mencari formulasi pematangan lahan tersebut, untuk kemudian bagaimana proyek food estate yang diberikan tanggung jawab oleh presiden itu dapat berjalan dengan baik, karena kebetulan mendapat fondasi yang kurang bagus tanahnya,” jelas Dasco.

Sementara itu Direktur Eksekutif ATUM Institute Abdullah Amas menyebut segala daya para Menteri tentu harus berkolaborasi dan mensinergikan perjuangan ketahanan pangan karena kesadaran penuh pada keprihatinan Presiden Jokowi mengenai tantangan Pangan kedepan ditengah ancaman krisis global

“Semoga sinergi lintas sektor kementerian dapat berjalan dengan baik”tegasnya

Check Also

Mata Air Ideologi, Militansi Dan Kepintaran Siasat Partai, Khususnya Jelang Pilkada

Oleh : Abdullah Amas (Direktur Eksekutif ATUM Institute) Peran Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *