Lia Istifhama Diusulkan Cucu R.A Kartini Jadi Menteri Pertanian Gantikan Syahril Yang Berstatus Tersangka

Lia Istifhama Diusulkan Cucu R.A Kartini Jadi Menteri Pertanian Gantikan Syahril Yang Berstatus Tersangka

Lia Istifhama Tokoh Perempuan Petani Nasional yang akrab dipanggil Ibu Petani Indonesia Maju dinilai layak menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang santer dikabarkan akan diganti Presiden Jokowi dari posisi Menteri Pertanian.

“Ada beberapa keuntungan bila Presiden Jokowi memberi posisi Menteri Pertanian pada Ning Lia pertama adalah legacy Jokowi pada perempuan di pemerintahan makin kuat kalau beliau menempatkan Ning Lia jadi Menteri Pertanian, sebuah posisi Menteri yang amat strategis”ujar Wakil Ketua Umum DPP Aliansi Pemuda Nasional Era Yunita Setianingrum yang juga merupakan cucu R.A Kartini

Selain itu Track Record Ning Lia di dunia pertanian juga panjang seperti di Perempuan HKTI yang menjadi DPW Perempuan HKTI provinsi terpandang se Indonesia kala dipimpin Ning Lia karena pembelaan pada petani

“Beliau juga sangat akrab dengan pemimpin bangsa yang dekat pada isu ketahanan pangan seperti Moeldoko dan Bu Khofifah”ujarnya

Sebelumnya dikabarkan Presiden Jokowi akan mengganti Menteri Pertanian

“Ya (reshuffle) konsekuensinya. Gitu ya,” kata Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Dia menyampaikan akan menunggu arahan Presiden Jokowi usai menerima surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo. Jika disetujui, maka akan diterbitkan keputusan presiden (keppres) pemberhatian Syahrul Yasin Limpo dari jabatan Mentan.

“Sebagai tindaklanjut (surat pengunduran diri) ini tentu saja kita akan segera menindaklanjuti. Nanti saya menunggu arahan Bapak Presiden kemungkinannya adalah tentu karena sudah mengundurkan diri akan diterbitkan keppres pemberhentian,” jelasnya.

Pratikno menuturkan Jokowi akan segera mencari sosok yang akan mengisi posisi Mentan. Dia menekankan hal tersebut merupakan keputusan dan hak prerogatif Jokowi.

“Tentu saja kita harus mencari orang yang melaksanakan tugas sebagai Menteri Pertanian,” ujar Pratikno.

Check Also

Keunggulan Konsolidasi Serta Penguatan Oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dalam Menghadapi Pilkada

Oleh : Abdullah Amas (Direktur Eksekutif ATUM Institute) Prof. Dasco merupakan Ketua Harian Partai yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *