Prabowo Menggalang Pemimpin-Pemimpin Asia Dikala Tantangan Jauh Melebihi Era Perang Dunia I Dan II

Oleh : Abdullah Amas (Direktur Eksekutif ATUM Institute)

Kalau dulu Soekarno menggalang Pemimpin-Pemimpin Asia dalam sebuah solidaritas melawan Imprealisme maka Prabowo pun kini menjalankan itu.

Pidatonya membela Palestina dengan gulirkan program siap ambil warga disana ke Palestina bukan saja menjadi gema diluar tapi didalam diikuti oleh sejumlah Tokoh seperti Khofifah siap menampung ribuan warga Palestina. Terkait Khofifah lagi, Sebelumnya juga Tgl 15 November 2023 Khofifah inisiasi acara antara lain memberi beasiswa anak Palestina langsung kepada Dubes Palestina di Dyandra.

Isu Hilirisasi memang isu nasionalisme yang menggetarkan global tapi diluar, menggalang para Pemimpin Asia bukan saja tekad Bandung KAA dulu tapi juga spirit yang tantangannya jauh lebih berat saat ini.

Kalau dulu imprealisme hanya bersifat militer sekarang sudah amat sangat mencengkram bukan saja militer tapi juga imprealisme berbentuk psywar perang dagang, perang pada jantung ketahanan pangan, perang pada pengelolaan sumber daya alam yang senjatanya jauh lebih dashyat dan daya rusaknya jauh melebihi dulu, genosida yang tak pernah ada pada zaman PD 1 dan PD 2 dan seterusnya dimana semua negara kini hanya menemukan dua pilihan : Tumbuh atau Lumpuh.

Masyarakat dunia di aspek ekonomi juga hanya ada dua pilihan yaitu menjadi Masyarakat Kaya raya atau sebaliknya karena pilihan menjadi menengahpun sudah tak ada ditengah ancaman krisis global berlapis-lapis yang mengancam semua negara akibat perang. Tentu tantangan pertahanan yang tidak ringan. Sama sekali berat, pelik dan jauh lebih kompleks dibandingkan era PD 1 atau PD 2 atau pada masa spirit Konfrensi Asia-Afrika digalakkan di Bandung

Tantangan yang jauh lebih besar ini tentu memerlukan pemimpin yang sepadan pada zamannya. Syukur sekali Prabowo didukung orang-orang disekitarnya. Prof. Dasco misalkan sangat mendukung langkah Prabowo untuk Palestina. Kalau tak salah dalam unggahan Instagram dia memposting sikap terbaru Prabowo soal Palestina

Maka kemarin yang mengantarkan Prabowo ke kursi Presiden nilai amal politiknya sama dengan membuat Indonesia berhasil jadi majikan bangsa-bangsa di babak baru dan penuh kejutan kali ini bagi kampung bernama Dunia ini.

Check Also

KAUP Berqurban, ATUM Institute Ungkap Makna 3 Sila Dari Pancasila Atas Hakikat Berkurban

KAUP yang merupakan wadah Alumni Universitas Pancasila menyelenggarakan Acara Berkurban   KAUP seperti diketahui dipimpin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *