Prabowo Unggul Di Survey Litbang KOMPAS, Partai Berkarya Dan ATUM Institute Makin Semangat

Prabowo Unggul Di Survey Litbang KOMPAS, Partai Berkarya Dan ATUM Institute Makin Semangat

 

Survei Litbang Kompas pada Desember 2023 menunjukkan elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di urutan pertama.

Berdasarkan survei yang berlangsung 29 November-4 Desember 2023 itu, Prabowo-Gibran memperoleh elektabilitas 39,3 persen.

 

“Pasangan Prabowo-Gibran unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden,” tulis peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan dikutip Harian Kompas, Senin (11/12).

 

 

Ia mengungkapkan Prabowo-Gibran unggul baik di pemilih perkotaan maupun perdesaan, serta laki-laki dan perempuan.

 

 

“Suara untuk Prabowo-Gibran juga lebih tinggi pada hampir semua kelompok pemeluk agama,” tulis Bambang.

 

Sementara itu, elektabilitas capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ada di angka 16,7 persen. Kemudian tingkat elektoral capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tercatat 15,3 persen.

 

Adapun survei melibatkan 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. Metode tersebut tersebut memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Survei dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.

 

Sementara Survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) bulan Desember 2023 menyimpulkan pasangan nomor urut dua yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengungguli pasangan Anies Bawedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD jelang Pilpres 2024.

 

Dukungan surveyor terhadap Prabowo-Gibran berada di angka 45,6 persen.

 

“Pada Desember 2023 ini survei kami menemukan pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran itu tingkat elektabilitasnya atau dukungan masyarakat ada di angka 45,6 persen,” ujar Direktur LSI Djayadi Hanan dalam jumpa pers secara daring, Minggu (10/12).

 

Sementara itu Djayadi mengatakan pasangan AMIN dan Ganjar-Mahfud terpaut tipis. Bahkan terjadi penurunan pada keduanya

 

Sementara itu Juru Bicara Posko Bersama ATUM Institute dan Partai Berkarya Untuk Prabowo-Gibran Abdullah Amas menyebut bahwa trend itu akan makin menguat di sisa waktu kampanye yang cukup lama sekitar dua bulanan untuk membuat satu putaran

 

Pria yang juga Sekjen DPP Partai Berkarya dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu Presiden DPP Partai Berkarya ini optimistis dukungan juga makin meluas diam-diam dari elite parpol pendukung capres lain

Check Also

Seketaris Gerindra DKI Pertanyakan Statment Anies Mau Mengembalikan Jakarta

Wakil Ketua DPRD DKI dari Gerindra Rani Mauliani mempertanyakan maksud Anies Baswedan yang mengatakan akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *