Wakil Ketua DPR-RI Prof. Sufmi Dasco Dan ATUM Institute Ajak Semua Siaga Fenomena El-Nino

Wakil Ketua DPR-RI Prof. Sufmi Dasco Ajak Semua Siaga Fenomena El-Nino

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan, Sufmi Dasco Ahmad, dalam Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang I Tahun Sidang 2023-2024, mengungkapkan keprihatinannya terhadap fenomena El Nino yang sedang berlangsung dan diproyeksikan akan berlanjut hingga akhir tahun ini.

Dirinya mengajukan permohonan agar seluruh lembaga pemerintah bersatu padu dan berkoordinasi untuk mengambil langkah-langkah mitigasi guna mengurangi beban yang ditimpakan pada masyarakat.

“Fenomena El Nino yang telah berlangsung beberapa bulan terakhir ini telah menyebabkan perubahan signifikan dalam pola cuaca global, dengan dampak yang dirasakan di berbagai wilayah dunia, termasuk Indonesia,” kata Sufmi Dasco Ahmad saat memimpin Sidang Paripurna di Gedung Nusantara II, Jakarta, pada Selasa (03/10/2023).

Dampak dari fenomena El Nino saat ini sudah dirasakan di beberapa daerah di Indonesia, seperti kekeringan yang mempengaruhi produksi pertanian dan kenaikan harga bahan pangan.

Selain itu, juga mulai muncul kasus karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di beberapa wilayah.

 

“Pemerintah harus segera menyiapkan langkah-langkah antisipatif untuk mengatasi dampak panjang dari musim kemarau ini, dan kerja sama serta koordinasi yang efektif antara berbagai lembaga seperti BMKG, BNPB, Kementerian Pertanian, Badan Urusan Logistik, Badan Pangan Nasional, serta kementerian dan lembaga terkait lainnya sangat diperlukan untuk pelaksanaan mitigasi ini,” tegasnya.

Sementara itu Direktur Eksekutif ATUM Institute Abdullah Amas menyebut DPR dan Pemerintah sangat responsif terhadap fenomena El-Nino

“Kita memasuki Tahun Politik namun beruntung saat ini segenap lembaga tinggi negara maupun instansi pemerintah bersatu padu menghadapi tantangan bersama, sedini mungkin kita waspadai berbagai hal tak terduga bagi bangsa ini, kesehatan, alam dan keselamatan rakyat adalah hal yang amat lebih serius diperhatikan saat ini”tegasnya.

Saat ini menurut Amas, BNPB Daerah harus lebih aktif menggalang kesadaran masyarakat agar waspada pada fenomena alam saat ini.

Check Also

Sang Musisi, Tuntas Dan Selesai Jalankan Semua Amanat Prabowo, Termasuk Dari Koordinator Tim Strategis TKN Hingga Tim Sinkronisasi

Oleh : Abdullah Amas (Direktur Eksekutif ATUM Institute) Saya terus pelajari semakin dalam hal yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *